KBRI is OK

Asslamualaikum,

Selepas shalat idul adha hari Senin yang lalu di Wisma Duta saya kehilangan paspor. Entah di mana terjatuhnya saya juga tidak tahu, yang jelas sudah tidak ditemukan lagi alias raib. Selanjutnya tentu anda sudah tahu apa yang harus saya lakukan yaitu “BUAT PASPOR BARUUU…..” Anda benar…

Mudah-mudahan celotehan ini bermanfaat bagai siapa saja, yeah paling tidak saya ingin berbagi cerita saja bagaimana proses penggantian paspor seandainya mengalami hal yang sama dengan saya (mudah-mudahan tidak terjadi dengan kawan-kawan semua, amin). Dan yang udah tahu caranya gimana, gak usah baca…entar bosanin lagi heheee….. Tapi kalo masih mau bca juga ya silakan. Yang saya lakukan adalah langkah-langksah sebagai berikut;

BABAK I
(KANTOR POLISI)


1. Lapor ke Polisi Kajang. Anda tau di mana kantor pusat Polisi Kajang? Kalo tidak tanya aja..
. Sorry..canda, anda pergi ke Kajang, dari Mall Metro Kajang jalan trus lurus sampai ketemu perempatan (lampu Merah alias bang jo). Nah liat saja di lampu merah tersebut, sebelah kanan jalan di situlah Kantor Polisi Kajang.

2. Di kantor polisi lapor dengan polisi yang jaga di kantor bagian depan (front office). bilang saja “Nak buat ripot kehilangan paspor”. Biasanya sich dia jawab “jap ya..”. Tunggu aja sebentar atau kalau ‘pasiennya’ masih banyak anda bisa ambil nomor antrian. sambil anda nunggu giliran, anda bolehlah mikir-mikir jawaban dari pertanyaan-pertanya an seputar diri anda dan keterangan kehilangan seperti; (1) Nama (huk..huk… kalo lupa gawat. gak usah grogi polisinya cantik kok…). (2) alamat; (3) Kapan baru menyadari kehilangan; (4) derah mana ilangnya; (5) dll.

3. Setelah lapor di sana anda harus datang ke bagian CAWANGAN KHAS (masih di arena kantor polisi itulah tapi jalan ke belakang trus naik lantai 3. liat aja bacaanya di sana). Nah untuk yang ini anda harus menyiapkan dokumen FC (foto copy) paspor yang hilang (kalo belum ada berarti datang dulu ke pps kalo dulu pernah ninggalin FCnya. kalo gak gimana ya..? bingung juga. Nah makanya dari sekarang bagi yang belum hilang cepat-cepat buat FC paspor, gih sana, sekarang..!). Foto 3×4 satu lembar aja, dan terakhir FC kartu mahasiswa.

4. Anda kemudian akan diberi surat pengantar untuk mengambil surat LAPOR POLIS (abis lapor tadi belum dikasih kopiannya. “mbok sekalia aja napa….?” anda pasti tanya gitu kan? tanya aja mo polisinya, heee… saya malas nanya, dari pada kena marah. untuk ambil ini juga dikenakan biaya RM 2.00 (dua ringgit sahaja). Urusan di kantor polisi SELESAI.

BABAK II
(KANTOR KBRI)


5. Anda tahu cara ke kantor KBRI. ikuti cerita berikut (tapi ini tidak baku, anda juga boleh jalan kaki kalo mau heheee…). Dari HK (Hentian Kajang…bukan Hongkon lagii…) saya naik motor ke stasiun Komuter. kalo gak ada motor boleh naek 430 dan sejenisnya atau bas kuning (saya lebih suka menyebutnya BAS INDIA soale dulu hobi nonton filem india dan bisnya kayak gitu semua heee… saya kebetulan aja punya SIPITUNG (pitungpuluhan… nama motorku waktu di Jogja. soale di Jogja dulu juga make motor yang sama… murah tapi lancar…dasar anak kos..). Numpang komuter (di dalam jangan di luar, bisa nyangkut tian listrik hik..hik… emang di Indonesia, naek kreta api di atap..?) turun di KL Sentral. Dari KL Sentral beli tiket LRT Putra ke arah Ampang Park. Harga tiketnya hanya RM 2.00 (dua ringgit sahaja, ups…lupa kalo tiket komuter dari stasiun UKM ke KL Sentral tau kan? Gak tau juga? tanya aja ama yang jual hehhee… tu gunanya mulut di ciptakan oleh Tuhan). Sampai di Ampang Park, anda keluar dari stasiunnya.. .(ya iyalah…masak nunggu di situ terus kapan nyampe nya…) cari TEKSI. gak usah tanya-tanya berapa ongkosnya (apa lagi kalo udah baca tulisan ini, ya gak..? hehee…), langsung aja bilang “Indonesia Embesi, Bang” rata-rata sih sopir teksi di situ sudah tau. tau ongkosnya berapa? sesampai di depan KBRI, argo taksi itu secara otomatis akan memanggil dopet anda dan berkata “Empat ringgil dua puluh sen sahaja…” dan anda harus cepat-cepat ambil dompet kalo tidak argonya marah atau paling tidak kena tampar soipir teksinya…., emang mau..?

6. Masuk ke gerbang (ya ilee… di luar ngapain, panas tau) trus lapor di pos satpam dan bilang “Selamat Pagi pak (kalo datangnya pagi, kalo datangnya malam…yee. .. KBRI kan tutup hhee…) saya mau ganti paspor yang ilang” langusng tunjukin dokumen-dokumen seperti yang saya sebutkan di atas. biar gak banyak ditanya-tanya hee… dan anda akan di beri formulir berwarna hijau dan putih. yang hijau data diri anda dan yang putih berita acara pemeriksaan. anda memeriksa diri sendiri heee…. lah wong anda yang tanya dan anda yang jawab. contoh pertanyaannya gini “Anda tau bahwa paspor adalah dokumen negara?” trus jawab “Ya”. mungkin kalo ditanya langsung anda keder juga, karena pertanyaan selanjutnya “Lah kenapa diilangin… ?!” Nah lho…? trus anda jawab “Saya juga ndak mau dia ilang, kan saya bayar lagi Pak..” Heeee… udah ah. selanjutnya anda isi aja tuh formulir (borang kata orang Malaysia) sampai abis..bis… bis…. jangan ada yang tersisa.

7. Ups….jangan lupa selain dokumen di atas siapin juga foto 3 x 4 warna dan HARUS latar belakang MERAH. kalo anda belum punya jangan khawatir karena di sana sudah ada tukang jepret langsung jadi tinggal bayar RM 10.00 (sepuluh ringgit gak lebih). Tukang fotony apasti kerjasama dengan KBRI heheee… dapat jatah berapa pak..?

8. sebelum masuk ke ruang tunggu anda akan melewati PENJAGAAN satu kali lagi (pakaiannya itam-itam, agak seram dan kurang senyum hehee…tapi sudah saya beri masukan melalui email. mungkin kalo anda ke sana lagi Bapak tu udah senyum.. semoga). Bilang pelajar, soale antriannya beda dengan kawan-kawan TKI. kalo TKI biasanya bejubel tapi kalo untuk pelajar hanya satu atau dua orang. Di sana anda ambil nomer antrian. Selamat Menungguu… . (nomor yang tertera di tangan anda).


9. Langsung aja menuju kaunter yang menunjukkan nomer antrian anda yaitu kaunter 21 (kalo udah keluar, kalo belum ya tunggu aja… tapi gak lama kok.)


10. Bayar sesuai yang di minta (Ups…jangan NYOGOK). sudah ada aturannya dan minta kwitansi pembayarannya. Untuk paspor yang 24 halaman RM 44.00 (empat puluh empat ringgit sahaja). tunggu sekitar 2 jam maka paspor anda sudah jadi. dan jangan lupa setelah itu PULANG.
Dan silakan kembali menempuh rute yang sama…


untuk kali ini saya ingin menyampaikan salut untuk KBRI. ini sebuah kemajuan besar bagi bangsa. Konon katanya dulu ngurus paspor seperti yang saya lakukan bisa berhari-hari bahkan berminggu-minggu, sampai-sampai katanya Jalan Tun Abdul Razak tu langganan macet gara-gara warga negara RI yang bejubel.
Salut buat KBRI sekarang dan “KBRI is OK”.

Itu saja yang dapat saya celotehkan dan saya jepret-jepret (hobi nyepret-nyepret tapi kamera minjam heee…, jadi malu.). Yang gak suka email ini tinggal CONTENG dan DELETE…..

Salam Damai

http://www.bahren13. wordpress. com

(Note: tulisan ini merupakan email untuk milis PPI Malaysia)

Satu Tanggapan

  1. HEHHE…NYOGOK? INI NEH…KONON KBRI PUNYA POTENSI SOGOK-MENYOGOK YANG LUMAYAN BESAR…SEMOGA AJA TIDAK BEGITU DI KBRI MALAYSIA SEKARANG….BANG..MAU DONG KUL KE MALAYSIA JUGA…KALO JURUSAN TEKNIK MAU NYAMBUNG S2 JURNALISTIK BISA NGGA YA? TRUS BEASISWA MANA YANG KIRA-KIRA GAMPANG DIPEROLEH??HEHEHE…GRATIS KHAN LEBIH SEDAP…

    …>>>Alhamdulillah sekarang di KBRI Malaysia benar-benar sudah ok sistemnya. tidak salah kalo di klim pengurusan pasport tercepat di dunia. Bayangin ganti paspor bisa tuntas dalam kurang dari dua jam. ini prestasi. selamat untuk pak Da’i Bachtiar. Mau kuliah di Malaysia? ke sini aja. jangan pikirin biaya pasti ada jalan. ingat Allah pasti memudahkan jalan dalam menuntut ilmu. Disini kalo lagi mujur bisa dapat RA (Research Assitstant, lumayanlah buat makan di sini heheee… Entar deh Akhir bulan ini (Desember 2008) saya pulang ke Jambi. Cerita-cerita entar di Jambiya. Ok…>>>>>

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: