MENULIS ITU SEMUDAH NGOMONG

gaiman-wallpaperPERINGATAN: Jika anda ingin bisa menulis, baca tulisan SINGKAT ini sampai habis.

Bagi sebagian orang menulis merupakan momok yang menakutkan. Paling sering kita mendengar ungkapan “aku kalo disuruh ngomong berapa lama pun bisa, tapi kalo nulis minta ampun deh”. Ini bisa terjadi terhadap siapa pun. Tidak hanya di kalangan awam yang memang tidak bersentuhan dengan dunia tulis dan baca, di kalangan intelektual seperti guru dan dosen pun berlaku. Guru dan dosen yang notabenenya adalah orang-orang yang selalu bersentuhan dengan dunia buku dan ilmu ketika diajak menulis selalu ‘kalah’.

Sebenarnya ketakutan-ketakutan semacam ini hanya ilusi. Takutnya lebih besar daripada kenyataan. Menulis itu sangat mudah dan banyak cara yang bisa ditempuh. Saya ingat Wall Facebook Bapak Andrie Wongso (www.facebook.com/motivator.no.1.indonesia) tanggal 5 Mei 2010 yang berbunyi “Orang sukses punya 1 kelebihan CARA utk menghadapi setiap masalah yg datang menghadang. Sementara orang gagal punya 1 kelebihan ALASAN utk memaklumkan ketidakmampuannya. Setuju, teman2? Salam sukses, Luar Biasa!!”. Ya, sangat luar biasa memotivasi sekali gus menentukan diri anda. Orang gagal atau orang sukses.

Tinggal Tanya saja pada diri sendiri! Jika anda terlalu banyak membuat alasan maka sudah dapat dipastikan anda termasuk golongan orang yang gagal. Ini juga sering terjadi di dunia kepenulisan. Ketika saya mengajak kawan-kawan dosen menulis, wah keluar seribu alasan. Jika diberi solusi terhadap alasan tersebut, selalu saja ada alasan lain, gak abis-abis. Maka selamanyalah akan terpuruk di dalam alasan tersebut.

Kali ini saya mengatakan bahwa menulis itu semudah ngomong. Ingat, cara ini bisa sebagai pembasmi sekian banyak alasan anda untuk tidak menulis. Menurut saya ini cara tergampang yang dapat dilakukan. Inspirasi ini saya dapat setelah shalat subuh hari ini (17/11/2013). Saya tidak tahu, apakah cara ini sudah pernah ditulis orang atau belum. Jika sudah, ya jadikan aja pengayaan.

Begini caranya. Anda bisa ngomong? Pasti! Berarti anda bisa menulis! Masukkan ke alam bawah sadar bahwa Anda bisa menulis. Caranya gampang. Gampang Bangat! Anda ambil sebuah topik yang anda tahu tentang itu dan omongin. Keluarkan semua ide. Sambil ngomong direkam menggunakan HP atau alat rekam lainnya. Jangan pikirkan apa pun, ngomong saja. Setelah selesai ngomong, apa pun yang anda omongin itu TULIS. Jangan ditambah dan jangan dikurangi. Tulis saja. Itulah tulisan. Ketika omongan itu menjadi kata-kata yang diketik atau di tulis, ya itu tulisan, bukan omongan. Dan anda sudah menulis. Semudah itulah menulis. Jangan cari alasan lagi, Ngomong, Rekam, Tulis! Lakukan sekarang.

Selamat mencoba dan sebarkan kepada yang lain.

Bahren Nurdin, SS., MA

http://www.bahren13.worpress.com

http://www.facebook.com/bahren.nurdin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: